EXTENDED! Pendaftaran Acara Toksen KSE Diperpanjang, Intip Penjelasan dari Ketua Pelaksana

Flyer Toksen KSE 2024

EmpatSuara.com Paguyuban Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE), Universitas Sultan Ageng Tirtyasa, Kabinet Cemara akan mengadakan sebuah acara bernama Toksen 2024. Toksen sendiri merupakan akronim dari Try Out KSE Nusantara. Acara tersebut akan berisi try out SNBT untuk para siswa SMA/sederajat di Provinsi Banten. Selain try out, dalam acara tersebut pun akan berisi sebuah webinar yang akan membantu para siswa SMA/sederajat dalam mencapai mimpi mereka untuk berkuliah di perguruan tinggi favorit. Seperti yang dituturkan oleh Alfi, selaku ketua pelaksana dari acara Toksen 2024.

“Toksen ini tidak hanya sekadar try out doang, tapi ada juga yang namanya webinar seperti itu. Ada pun di Toksen kali ini kita mencoba mengundang seluruh SMA-SMA di Banten seperti itu. Dan juga terkait muatan daripada webinarnya itu lebih kepada try out PTN. Ini sebagai langkah awal bagi mereka untuk dapat berkuliah di perguruan tinggi favoritnya seperti itu,” tutur Alfi.

Awalnya, acara Toksen 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 21 April 2024 secara offline yang bertempat di kampus Untirta Sindangsari. Namun, rencana awal tersebut mengalami beberapa perubahan. Waktu pelaksanaan harus diundur dan pendaftaran Try Out KSE Nusantara mengalami perpanjangan waktu. Hal tersebut terjadi karena angka pendaftar belum memenuhi target awal. Alfi menjelaskan, “Ya, jadi sebenarnya kenapa dari kita sendiri bisa dibilang diundur dan juga memperpanjang pendaftaran, ya karena memang dari kuota sendiri target awal itu kan sekitar 300 orang ya dan juga memang untuk saat ini masih di range 50-an.”

Kekurangan siswa pendaftar dianggap karena saat ini masih terasa suasana liburan lebaran dan sekolah-sekolah pun baru mulai masuk di tanggal 22 April. Banyaknya kelas 12 yang sudah jarang ke sekolah karena sudah tidak ada jam pelajaran lagi pun menjadi kendala panitia Toksen 2024 untuk memaksimalkan sosialisasi secara offline. Selain mengalami perubahan waktu pelaksana, lokasi dan sistem pelaksanaan pun mengalami perubahan karena ada kendala dalam perizinan.

“Kendala ada di  perizinan tempat juga sebenarnya, tadinya kan kita mau offline juga kan, cuman kenapa ke online, karena memang perizinan tempat itu susah. Waktu itu saya langsung crosscheck ke Sindangsari, saya tanya ke OB katanya di tanggal segitu ada kegiatan kampus, cuman belum dikasih tau kegiatan kampusnya apa, seperti itu jadi atas dasar itulah kayaknya kalau untuk di tanggal 21 juga kita gak memungkinkan, terus kalau offline kayaknya gak memungkinkan juga, seperti itu, jadi makanya kita tambah masa pendaftaran dan juga kita ubah secara online biar lebih fleksibel,” ucap Alfi.

Meskipun mengalami perubahan waktu yang harus diundur, para panitia dari acara Toksen 2024 masih memiliki semangat yang menggelora demi menyukseskan acara tersebut. Herlina, salah satu panitia acara tersebut berkata, “Masih semangat dong, meskipun agak capek karena sekarang lagi minggu-minggu UTS. Tapi masih semangat kok”.

Terakhir, Alfi menuturkan harapannya untuk kegiatan Toksen nanti akan berjalan dengan lancar. “Oke, harapan dari saya pribadi dengan adanya try out ini sebagai langkah awal lah ke depannya, untuk mempersiapkan para siswa menuju perguruan tinggi negeri, ke perguruan tinggi favoritnya. Dan semoga dengan adanya langkah kecil ini bisa mendukung percepatan apa namanya, Indonesia Emas 2045”.

 

Penulis dan Reporter: Rani Cahyani
 

Posting Komentar untuk "EXTENDED! Pendaftaran Acara Toksen KSE Diperpanjang, Intip Penjelasan dari Ketua Pelaksana "