Mengenal Serang Book Party, Komunitas Literasi Untuk Berbagai Generasi

 

Kegiatan Serang Book Party pada 20 april 2024

Empatsuara.com – Serang Book Party merupakan sebuah naungan dari Indonesia Book Party yang bergerak di bidang literasi dengan tujuan meningkatkan kegemaran membaca masyarakat secara luas. Gerakan ini awalnya dimulai di Jakarta dengan sebutan Jakarta Book Party, kemudian meluas seiring permintaan dari para bookmates di berbagai daerah. Bookmates merupakan sebutan dari para anggota yang mengikuti kegiatan tersebut, dan saat ini terdapat 30 titik yang tersebar di Indonesia salah satunya adalah Serang Book Party.

Sesuai dengan namanya yaitu book party, komunitas ini didirikan untuk menjadi tempat yang nyaman dan fun ketika membaca buku di ruang publik. Kegiatan ini dikemas secara sederhana yakni hanya beralaskan tikar atau ubin di suatu tempat seperti, alun alun kota, ruang terbuka hijau, atau lapangan yang mendukung, para bookmates juga dipersilahkan untuk membawa buku bergenre apapun sesuai dengan keinginannya.

Seperti pada sabtu 20 april kemarin, Serang Book Party kembali mengadakan agendanya di Alun Alun Timur Kota  Serang pada jam 16.00 – 18.00 WIB dan dihadiri sejumlah bookmates dengan berbagai genre buku yang di bawa. Meskipun namanya adalah Serang Book Party. Umam selaku penanggung jawab mengatakan bahwa “kegiatan ini tidak dibatasi hanya untuk orang Serang saja tetapi siapapun boleh datang seperti mahasiswa peratauan ataupun yang sedang transit di wilayah Serang dan tertarik untuk datang” tuturnya pada sabtu 20 april 2024.

Saat ini followers instagram Serang Book Party sudah lebih dari 200 pengikut dan Jakarta Book Party sudah lebih dari 150.000 pengikut. Setiap agenda dari bookparty selalu di informasikan melalui laman instagramnya yaitu @srgbookparty, @jktbookparty, @indbookparty serta masing masing instagram dari titik book party lainnya.

Menurut Yosi selaku bookmates dari Serang Book Party mengungkapkan “alasan aku datang ke Serang Book Party ini karna aku aga kesulitan untuk mendapatkan circle yang suka membaca buku dan bisa diajak diskusi tentang buku apapun. Kebanyakan itu malah bahasnya film dan lain lain, bahkan sebelum ada Serang Book Party ini, aku tu datangnya ke Jakarta, demi mendapatkan circle tersebut” tuturnya. Adapun rangkaian kegiatan ini meliputi silent reading, sharing dan diskusi mengenai buku yang dibaca, lalu bisa lanjut dengan ngobrol santai bersama, para bookmates juga dipersilahkan membawa snack atau makanan ringan untuk dimakan bersama selama kegiatan berlangsung.

Serang Book Party ini biasanya diadakan satu kali dalam seminggu, seperti yang disampaikan oleh Umam “untuk penjadwalan biasanya kita mengusahakan ada di tiap minggu, karna kita mengejar konsistensi kecuali ada agenda khusus seperti lebaran kemarin” ujarnya. Gerakan ini merupakan sebuah inisiasi positif untuk meningkatkan literasi serta menghilangkan stigma bahwa membaca buku adalah kegiatan yang membosankan, komunitas ini juga hadir atas pemikiran dari anak anak muda yang peduli akan kemajuan bangsa.

 

 

Penulis: Karniya Ajahra


Posting Komentar untuk "Mengenal Serang Book Party, Komunitas Literasi Untuk Berbagai Generasi"