Menjadi Lokasi Kuliner Favorit Setiap Akhir Pekan, CFD Cilegon Kembali Ramai Pasca Lebaran

Suasana car free day pasca lebaran

Empatsuara.com – Hari Raya Idul Fitri sudah berlalu pada beberapa hari yang lalu, pengunjung Car Free Day (CFD) Kota Cilegon mulai ramai kembali mendatangi area CFD di Jalan KH. Yasin Beji, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon pada Minggu, 20 April 2024. Area CFD ini sudah mulai didominasi oleh para pedagang kuliner yang sempat tidak berjualan pada bulan suci Ramadhan kemarin.

Ratusan pengunjung mendatangi area tersebut untuk menikmati berbagai sajian kuliner yang tersedia. Tak heran CFD Cilegon ini menjadi lokasi kuliner favorit bagi warga Cilegon setelah melakukan aktivitas jogging di pagi hari maupun bagi warga yang memang sengaja ingin berburu kuliner di pagi hari. Sejak pagi hari sekali, para pedagang telah menyiapkan stan mereka dengan berbagai menu andalan yang mereka jual. Mulai dari makanan tradisional hingga kekinian dan juga minuman segar yang memanjakan lidah para pengunjung. Selama bulan suci Ramadhan kemarin, para pedagang tidak dapat menjual makanan maupun minuman seperti pada biasanya. Hal ini diungkap oleh Wakil Ketua Paguyuban Wirausaha (Pawon) Cilegon, Muhammad Ardi yang mengatakan bahwa para pedagang hanya dapat menjual makanan dan minuman dalam bentuk bungkusan dan di take away pada bulan Suci Ramadhan kemarin.  

“Khusus untuk bulan Ramadhan sebenarnya kita menutup untuk kuliner, tetapi boleh menjual dalam bentuk kemasan atau bungkusan yang notabennya adalah take away. Jadi, pengunjung membeli makanan atau minuman di stan kemudian di bawa pulang. Kita tidak memperbolehkan menjual makanan siap saji dan makan di tempat,” ujar Muhammad Ardi.

Adanya larangan ini menjadikan CFD Cilegon sepi pengunjung pada saat bulan suci Ramadhan dibandingkan pada hari-hari biasa. Karena tak dapat di pungkiri, mayoritas daripada pengunjung datang untuk berburu kuliner. Penurunan pengunjung yang drastis pada bulan suci Ramadhan kemarin, membawa dampak bagi para pedagang yang berjualan di CFD cilegon, seperti yang dirasakan oleh Maria salah satu pedagang di CFD, “Sebenernya ada plus minus nya sih, plus nya kita bisa fokus beribadah di bulan suci Ramadhan, dan minus nya pendapatan juga pasti berkurang pas Ramadhan kemarin, dibandingkan sama minggu-minggu biasa,” ucapnya.

Dan berakhirnya bulan suci Ramadhan menjadi tanda berakhirnya juga kebijakan yang diberlakukan. Para pengunjung sudah bisa membeli makanan dan minuman juga dapat dinikmati di tempat.

“Seneng sih stan-stan makanan atau minuman udah pada jualan lagi, dan udah diperbolehkan untuk makan di tempat juga, terus kita udah mulai beraktivitas normal lagi setelah sebulan kita beribadah di bulan Suci Ramadhan, pas dateng kesini rasanya kayak self reward setelah sebulan berpuasa kemarin,” ucap Devina, salah satu pengunjung setia CFD Cilegon.

Dengan berakhirnya bulan suci Ramadhan, dan kembali nya kebijakan seperti sedia kala, CFD Cilegon diharapkan dapat terus menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik dan memberikan dampak positif bagi para UMKM yang ada Cilegon. 


Penulis dan Reporter: Fidya Putri D.R

Posting Komentar untuk "Menjadi Lokasi Kuliner Favorit Setiap Akhir Pekan, CFD Cilegon Kembali Ramai Pasca Lebaran "