Tingkatkan Kesadaran Terkait Food Waste, LG Elektronik Indonesia Kampanyekan Zero Food Waste dan Sustain Living Melalui “Better Life Festival”

 

Serunya Better Life Festival Di Chillax Jakarta Sumber: Press Release

EMPATSUARA.COM - Indonesia menjadi salah satu negara yang menyumbangkan food waste (sampah makanan) terbanyak di dunia. Ironisnya, masih ada banyak juga penduduk di Indonesia yang belum tercukupi kebutuhan pangannya dengan baik.

Menurut laporan United Nations Environment Programme (UNEP) yang berjudul Food Waste Index 2021. Total sampah makanan di Indonesia mencapai 20,93 juta ton per tahun, nilai tersebut menempati posisi empat terbesar setelah China, India, dan Nigeria.

Hal ini terjadi akibat dari gaya hidup yang kurang baik, terutama dalam menjaga sifat konsumtif masyarakat. Melihat masalah ini, LG Electric Indonesia melakukan kampanye bertajuk 'Better Life for All' serta membuka 'Better Life Festival' untuk mengajak masyarakat lebih peduli dengan lingkungan dan memiliki gaya hidup yang berkelanjutan.

"LG Electric Indonesia resmi membuka Better Life Festival di Indonesia yang menjadi lanjutan kampanye besar LG di tahun ini bertajuk Better Life for All yang merupakan wujud komitmen LG terhadap janji merek kami yaitu, Life’s Good," ungkap Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia, Jay Jang dalam jumpa pers di Chillax Jakarta, Jumat (19/04/2024).

Jang mengungkapkan festival ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda terkait masalah sampah makanan yang masih tinggi di Indonesia. Jang juga menjelaskan bahwa acara ini memiliki rangkaian kegiatan yang dapat diikuti oleh para pengunjung untuk mengerti tentang masalah yang ada, serta mengetahui cara menanggulanginya di kehidupan sehari-hari.

"Dalam kesempatan ini, LG ingin memperluas kesadaran generasi muda terkait food issue, terutama food waste dan food security di Indonesia," ujarnya.

"LG membuat 'Better Life Festival' yang mengangkat sustain living atau gaya hidup berkelanjutan sebagai tema utamanya. Berbagai rangkaian acara dan aktivitas dikemas membawa pentingnya kesadaran food waste dan sustainability, termasuk di dalamnya berbagai aktivitas yang melibatkan interaksi langsung dengan produk LG yang diciptakan dengan inovasi yang mendukung kehidupan berkelanjutan," lanjutnya.

Selain berkampanye dan melakukan festival, LG juga akan melakukan distribusi makanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini akan dilakukan pada bulan Mei 2024 mendatang bersama dengan Chef Devina Hermawan.

"LG akan menutup kampanye ini dengan kegiatan distribusi makanan kepada kelompok yang membutuhkan. Nantinya bulan Mei kami akan, makan makanan yang kami ciptakan dengan Chef Devina itu akan kita distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Dalam kampanye 'Better Life for All', LG turut mengajak sejumlah pihak yang memiliki kesamaan visi meningkatkan kesadaraan masyarakat terkait sampah makanan yang tinggi. Pihak-pihak tersebut antara lain seperti Badan Pangan Nasional, Natasha Manuella (Food Cycle), Rike Tri Kumala Dewi (Universitas Prasetya Mulya), Jerhemy Owen (Environmental Content Creator) dan Dennis Guido (Food Technology Content Creator)

Sharing Session bersama narasumber. Sumber: Reporter

'Better Life Festival' terbagi dalam tiga zona. Di area pertama merupakan area LG Styler. Disini pengunjung dapat menaruh pakaian seperti jaket ke dalam perangkat LG Styler yang akan menjaga kesegaran pakaian dengan menggunakan teknologi uap air.

Selanjutnya di zona mesin cuci LG WashTower, pengunjung akan mengikuti kuis terkait gaya hidup berkelanjutan lewat perawatan pakaian untuk membuat usia pakainya lebih lama. Di area ini, pengunjung juga akan diajak berkreasi membuat tas dari bahan spanduk bekas.

Menuju area dapur, pengunjung akan disambut demo mengolah makanan menggunakan bahan sisa pangan, termasuk di antaranya pembuatan teh dengan memanfaatkan sisa bongkol apel.

Festival ini juga tidak hanya memberikan informasi seputar food waste melalui seminar dengan narasumber, tetapi audiens bisa merasakan langsung bagaimana mencegah dan menghindari food waste ini melalui games yang edukatif dan menyenangkan.

“jujur, seru sih acaranya. Mulai dari pertama saya dateng sampe saat ini (jelang acara selesai) acaranya gak ngebosenin, waktu saya registrasi saya dikasih dua koin yang bisa ditukerin di pending machine kalau sudah punya empat sampe sekarang saya udah punya 8 koin, tadi tuh banyak sih games yg udah saya lakuin makanya dapet 8 koin, gamesnya mengedukasi dan seru-seru banget! Banyak hadiahnya juga. Gak nyesel saya ikut dari siang tadi sampe sekarang (Malam)” Ungkap Ikhsan seorang pengunjung pada Jumat (19/04/2024)

Dan dipenghujung acara, audiens disuguhkan dengan demo masak chef Devina Hermawan yang akan memasak Mandu pada malam itu.

Sesi demonstrasi masak Mandu bersama Chef Devina. Sumber: Reporter 

“Pas banget, saya dari siang belum makan berat. Ternyata di event ini ada demonstrasi masak yang pengunjung juga diberi kesempatan untuk makan masakan chefnya. Mandu nya enak banget!” ujar Ikhsan.

Wawancara dengan pengunjung Better Life Festival. Sumber: Reporter

Reporter dan Penulis : Irfanudin


Posting Komentar untuk "Tingkatkan Kesadaran Terkait Food Waste, LG Elektronik Indonesia Kampanyekan Zero Food Waste dan Sustain Living Melalui “Better Life Festival”"